Tips, Treadmill

Latihan Treadmill untuk Menurunkan Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan namun hanya lari dalam kecepatan yang sama setiap kali treadmill, maka usaha kamu akan sia-sia. Kabar baiknya, joging di treadmill bisa mempercepat kamu mengurangi lemak di tubuh. Gunakan strategi berikut saat kamu berolahraga agar bentuk tubuh impian segera terwujud.

1. Menggabungkan Beberapa Gerakan

Aturan olahraga dari psikologis Running Strong di Atlanta, Janet Hamilton, tampaknya mudah. Untuk menurunkan berat badan, kamu perlu membakar lebih banyak kalori.

Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan meningkatkan intensitas atau durasi. Masalahnya adalah, ketika kamu berolahraga hingga mendekati detak jantung maksimum, maka kamu akan cepat lelah dan berhenti. Namun, jika kamu berlari dengan pelan dan lambat, waktu untuk semakin kurus pun akan semakin lama.

Pada beberapa hari, berlarilah 20 sampai 30 menit lebih cepat. Di hari yang lain, cobalah dengan lebih lama dan lambat selama paling tidak satu jam.

2. Memperhitungkan Kecepatan

Mengambil jeda adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan lemak dalam tubuh. Bahkan, sebuah penelitian di Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan bahwa wanita yang berlari kencang selama 2 menit (kemudian melambat selama 3 menit) membakar lebih banyak kalori sehari setelah olahraga daripada mereka yang melakukan rute yang lambat dan mantap.

Mereka turun sebanyak 4 persen dari berat badan awal dalam beberapa minggu kemudian. Sementara, kelompok yang melakukan dengan intensitas rendah, tidak mengalaminya.

Mulailah dengan perbandingan interval 1:2 atau 1:1. Artinya, tingkatkan kecepatan selama 30 hingga 60 detik, kemudian istirahat dalam waktu yang sama. Kamu dapat meningkatkan intensitas, namun itu semua tergantung pada pengalamanmu.

3. Lari Menanjak

Semakin tinggi lari menanjak, semakin banyak kalori yang terbakar. Sayangnya, lari seperti itu tidak mudah bagi tubuh.

Cobalah untuk berpura-pura berada di luar. Cobalah berusaha sekeras menaiki lereng saat berlari di jalan rata. Mungkin hal tersebut akan sedikit memperlambat kecepatan, namun ini adalah sebuah kesempatan untuk memperkuat pinggul dan kaki, membuat keduanya bekerja sedikit lebih keras.

Kamu juga dapat mencoba interval miring. Engkol miring antara 2 dan 4 persen selama 1 sampai 2 menit. Biarkan kecepatan melambat 0,1 atau 0,2, hingga ke 0 untuk jumlah waktu yang sama dan berulang. Setelah kamu menguasai mempertahankan usaha saat menanjak, cobalah untuk mempertahankan kecepatan.

4. Tambahkan Durasi

Kita semua pernah menghadapi hari-hari di mana delapan kilometer terasa hanya tiga kilometer.

Alih-alih berjalan selama 30 menit, menambahkannya menjadi 45 menit dapat meningkatkan durasi dan kalori kamu terbakar hingga 50 persen.

Meskipun ini bukan teknik sehari-hari yang baik, mengubah rutinitas kamu dengan menambahkan waktu berlari adalah cara yang bagus untuk membakar kalori tanpa perlu melakukan usaha lain.

5. Tidak Monoton

Penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan tidak melakukan rutinitas yang sama berulang-ulang. Menemukan perpaduan sempurna dari latihan ketahanan, interval, daya tahan, dan peregangan akan membantu meraih tujuanmu lebih cepat.

Jika kamu belum memiliki treadmill, berikut pilihan produk dari Vosgo yang dapat kamu jadikan pertimbangan untuk dibeli.

author-avatar

Tentang Vosgo

Vosgo merupakan brand alat fitness ternama di Indonesia yang fokus menyediakan produk kebugaran untuk penggunaan rumahan. Produk kami meliputi treadmill elektrik dan manual, static bike, elliptical, home gym, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *